Solusi Sembuhkan Asam Urat Secara Alami dan Aman

Mitos Seputar Penyakit Asam Urat

Bukan hanya tempat-tempat tertentu yang memiliki cerita atau mitos di dalamnya, penyakit pun sama memiliki mitos atau kepercayaan tersendiri di masyarakat, termasuk penyakit asam urat. Dan berikut ini adalah Mitos Seputar Penyakit Asam Urat beserta fakta atau keterangan yang sebenarnya.

Mitos Seputar Penyakit Asam Urat

 


 Mitos : Asam urat hanya menyerang pria
Fakta : Pada usia di bawah 40-50 tahun, asam urat memang jarang dijumpai di kalangan wanita, mungkin karena efek hormon estrogen yang menjaga kadar asam urat darah dalam batas normal. Namun setelah usia 50-an ketika sebagian besar wanita telah mengalami menopause, asam urat di kalangan wanita meningkat pesat.

Mitos : Asam urat disebabkan oleh makan berlebihan
Fakta : Semua orang bisa terkena penyakit asam urat, dan belum tentu karena makan berlebihan. Meskipun mengkonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risikonya, faktor bawaan (genetik) juga turut berperan dalam penyakit ini. Banyak penderita asam urat yang memiliki kebiasaan diet rutin dengan berat badan ideal. Jika anda memiliki riwayat keluarga dengan asam urat, anda kemungkinan juga akan menderita asam urat. Selain itu, peluang terkena asam urat meningkat jika anda memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Mitos : Asam urat tidak berbahaya
Fakta : Asam urat bahkan jika tanpa gejala dapat menyebabkan kerusakan sendi dan kecacatan permanen. Setelah bertahun-tahun, kerusakan yang ditimbulkan sangat mirip dalam penampilan dan kecacatan dengan yang disebabkan oleh rematik. Selain itu, asam urat tinggi juga berhubungan dengan sejumlah kondisi medis lainnya yang sangat serius, termasuk penyakit ginjal, penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes.

Mitos : Asam urat sembuh setelah gejalanya hilang
Fakta : Banyak orang yang beranggapan bahwa asam urat adalah penyakit yang datang dan pergi dengan rasa sakit di sendi. Setelah seminggu atau lebih, rasa sakit di sendi menghilang, penderita mengira bahwa penyakitnya sudah sembuh, padahal tidak demikian. Kadar asam urat di dalam darah bisa tetap tinggi tanpa selalu diikuti dengan peradangan sendi. Selama asam urat di atas normal, selama itu pula asam urat hadir dan menganggu kesehatan anda.

Mitos : Asam urat tidak bisa sembuh
Fakta : Meskipun tidak bisa sembuh secara langsung, asam urat tetap bisa disembuhkan. Dengan diet sehat termasuk menghindari makanan ber-purin tinggi, rajin berolahraga, memperbanyak minum, dll. Kegiatan tersebut dapat menjaga kadar asam urat darah selain menjalankan pengobatan dengan obat herbal asam urat.

Dengan mengetahui fakta dan Mitos Seputar Penyakit Asam Urat ini, anda bisa lebih cermat dalam menangani penyakit asam urat yang mungkin sedang anda rasakan sekarang ini.


Sumber http://majalahkesehatan.com/


Mitos Seputar Penyakit Asam Urat